jasa SEO

Bagaimana Cara Backup WordPress ke Dropbox? Use This Easy Ways!

Blogging, Security 0
belajar SEO

Pada artikel yang lampau saya pernah menulis artikel seperti ini (baca= Cara-cara Termudah Buat Backup dan Restore Blog Worpress Manual dan Automatic) sayangnya pada artikel tersebut saya tidak menyebutkan spesifikasi tertentu. Karena itu pada artikel wordpress terbaru ini saya ingin memberi salahsatu cara yang sangat mudah, gratis untuk membuat backup wordpress blog ke dropbox dan semua orang pun dapat melakukannya asalkan spesifikasi webhosting yang anda beli (versi PHP-nya) mampu mensupport proses backup ini.

Bagaimana Cara Backup WP ke Dropbox Secara Otomatis Maupun Manual? Simaklah Langkah-langkahnya!

  1. Mulai dengan login ke WP Dashboard
  2. Install WordPress Plugin Ini

Backup

Setelah berhasil menginstall pastikan anda memeriksa lagi apakah spesifikasi web hosting anda memenuhi standard requrement plugin ini dengan cara BackWPup -> Setting lalu klik tab Information bila sudah sesuai semua sekarang waktunya untuk membuat backup.

Pastikan sebelum melakukan backup ke Dropbox anda sudah mendaftar di Dropbox lalu login untuk mempercancar proses backup.

Ikuti cara berikut ini sesuai dengan urutan:

Langkah-langkah Membackup Website ke Dropbox

Buat Job Baru

Klik Add New Job (BackWPup ->Add New Job)

New Backup

Ikuti saja gambar diatas

Setting

Ikuti sesuai gambar

klik save bila sudah selesai lalu klik tab Schedule pada bagian ini cukup pilih manual saja untuk meringankan beban web server anda (lihat gambar dibawah).

Schedule Backup

 

Klik save lalu sekarang kita beralih klik DB Backup lalu ikuti gambar dibawah ini:

Backup Database

Klik SAVE dan lanjutkan klik tab Files:

Backup Files

Perhatikan dengan pasti terutama pada Backup dan Exlude karena hal ini bisa meringankan kinerja web server sekaligus memperkecil ukuran file backup dan dapat menghemat space Dropbox anda agar tidak penuh. Klik SAVE lagi dan klik XML Export, pada tab ini anda cuma menentukan XML file yang ingin di Export, klik Save dan lanjutkan ke tab PLUGIN. Sama seperti pilihan pada Tab Files anda dapat menentukan juga Plugin apa yang ingin di backup! jangan lupa klik save dan lanjutkan ke Tab TO DROPBOX

Backup to Dropbox

Bila anda sudah login ke Dropbox maka yang harus anda lakukan disini adalah cukup mengklik tombol “Reauthenticate (Sandbox)” atau “Reauthenticate (Full Dropbox). Bila terjadi error setelah anda mengklik tombol tersebut itu berarti anda membutuhkan plugin tambahan yang harus anda install di WordPress anda. Download Plugin Ini dan install di WordPress lalu coba klik salah satu tombol yang tadi maka akan muncul seperti gambar dibawah ini:

How Backup WordPress to Dropbox (IMAGE)

Klik Allow saja

Mulai Untuk Membackup

Bila sudah selesai sekarang waktunya untuk memulai membackup website anda caranya adalah dengan mengklik “run” maka akan muncul seperti gambar

Proses Backup WordPress to Dropbox

ERROR Saat Backup? Baca Ini Solusinya!

Menjalankan backup sudah pasti membutuhkan source web server yang besar seperti memory dan system untuk memproses kegiatan ini. Karena itu bila anda mengalami error silahkan ikuti seperti gambar dibawah ini:

Error When Creating Backup to Dropbox

Yang harus anda perhatikan adalah kita akan menaikan PHP Memory Limit, untuk melakukannya ikuti:

BackWPup -> Setting lalu klik Jobs TAB (seperti gambar diatas)

Naikan jumlah “Maximum number of retries job” dari 3 ke 5 dan pilih “minimum” atau “medium” pada pilihan Reduce server load. KLIK SAVE

Tags:
Jasa Web

Related Posts

Leave a Reply

*