jasa SEO

Bagaimana “Cara Mengatasi Website Yang Sepi Pembeli” Padahal Pengunjungnya Banyak?

Blogging, Marketing, SEO
belajar SEO

“Help!!” Demikian email yang masuk menanyakan bagaimana “Cara Mengatasi Website Yang Sepi Pembeli” Padahal Pengunjungnya Banyak?. Apakah hal ini sedang terjadi pada website anda juga? apa solusinya? baik! dalam artikel yang sederhana ini saya ingin menjawab pertanyaan tersebut sejauh yang saya ketahui dan mudah-mudahan jawaban ini bermanfaat untuk semua.

Setidaknya ada dua kriteria penyebab “penyakit” website sepi pembeli (dagangan tidak terjual). Penyebab tersebut biasanya adalah:

  1. Posisi website yang tidak baik
  2. Kondisi website yang kurang baik

Posisi Website Yang Tidak Baik Penyebab Website Anda Sepi Pembeli

Sudah pasti posisi website yang tidak baik akan berimbas pada income. Bagaimana mungkin mau dapat income kalau traffic saja tidak ada. Solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini tentu saja dengan meminta bantuan Jasa SEO atau Jasa konsultan online marketing. Mungkin bagi sebagian orang di Indonesia konsultan online marketing masih merupakan hal yang prestige. Akan timbul rasa enggan menggunakan jasa konsultan internet marketing karena takut biayanya mahal padahal tidak seperti itu. Tidak perlu panjang lebar membahas sepi pembeli ini bila masalahnya berupa posisi website.

Kondisi Website Yang Kurang Baik Bisa Membuat Website Sepi Pembeli

Apabila website sudah berada di peringkat/posisi yang baik tapi masih sepi pembeli ada kemungkinan hal itu disebabkan oleh Kondisi website anda. Mengenai kondisi website ini saya bagi menjadi 2 bagian seperti:

  1. Penampilan/design website yang tidak baik
  2. Besar website terlalu besar atau web server lambat sehingga membutuhkan waktu load yang lama juga

Penampilan/Design Website Yang Tidak Baik

Pembeli akan menilai bagaimana bentuk website anda sebelum memutuskan untuk membeli. Ingat! jual beli di internet saat ini sebagian besar masih menggunakan sistem trust (kepercayaan). Pembeli tidak dapat melihat penjual dan begitupun sebaliknya sehingga banyak sekali modus-modus penipuan masih sering terjadi.

Solusi:

  1. Perbaiki tampilan website anda, aktifkan/tambah nomor telpon, berikan akses chat online menggunakan yahoo messenger atau lainnya bisa dipikirkan
  2. Buat semudah mungkin (user friendly maupun search engine friendly baca artikel saya tentang Fungsi RDFa)

Load Terlalu Lama

Anda bisa mengetahui seberapa besar web page anda melalui http://tools.pingdom.com/fpt/ silahkan kunjungi untuk mengetahuinya. Namun dalam artikel ini akan saya jelaskan beberapa hal yang bisa membuat website menjadi lambat diantaranya adalah:

  1. Terlalu banyak file gambar/photo yang berukuran besar atau berupa animasi atau diresize menggunakan editor website
  2. Banyak atau terdapat file berbentuk media seperti flash, audio, video
  3. Performa webserver yang tidak baik

Solusi:

  1. Kurangi file gambar dan gunakan fitur photoshop “save as web page” lalu perhatikan ukuran image yang ingin di gunakan. Saat menggunakan photoshop pastikan bahwa setiap jenis file image png atau jpg memiliki ukuran yang berbeda walau dengan hasil/resolusi yang sama dan jangan meresize/merubah ukuran image secara langsung melalui editor yang ada di CMS
  2. Flash, .gif, mp3 dst sebaiknya di kurangi atau tidak perlu di publish
  3. Bila kedua hal diatas telah anda jalankan tapi masih “LOLA” alias loading lama sedangkan kecepatan internet yang anda gunakan cukup besar kemungkinan ada masalah dengan web server. TIPS! saat membeli web hosting jangan terpengaruh oleh server IIX atau USA karena kadang-kadang server IIX lebih “LOLA” dibanding USA karena semua kembali pada spesifikasi web server yang di gunakan (saya tidak pernah menggunakan server IIX untuk website-website penting karena kerap mengecewakan dan masalah ini akan saya bahas pada artikel lainnya yang akan saya beri judul “Web hosting SEO”.

TIPS:

Saat ini telah banyak user yang browsing menggunakan Smartphone semacam Android, Iphone atau Blackberry. Agar website semakin bertambah pengunjungnya sangat di anjurkan untuk membuat website responsive artinya website yang compatible/sesuai dengan browser yang digunakan pada smartphone atau anda bisa membuat website versi mobile menggunakan sub domain. Untuk hal kedua (membuat website versi mobile menggunakan subdomain) ada beberapa rules yang harus anda perhatikan bila tidak ingin terkena penalty Google.

Enhanced by Zemanta
Tags:
Jasa Web

Related Posts

Comments are closed.