jasa SEO

Benarkah Duplicate Content Bisa Menyebabkan Terkena Pinalty?

SEO 0
belajar SEO

Tidak usah panjang-panjang mengurai apa arti duplicate content karena saya yakin anda sudah tahu. Justru yang perlu kita bahas di artikel ini adalah apa efek dari duplicate contet itu?. Ada pendapat mengatakan duplicate content bisa menyebabkan terkena penalty dari Google apakah benar? jawabannya MAY alias maybe yes maybe no! untuk mengetahuinya silahkan membaca artikel ini hingga tuntas.

Duplicate Content Yang Bisa Membuat Website Terkena Pinalty Google Adalah:

  1. Anda datang dan baca artikel di blog ini lalu mencopy isinya kemudian mempublikasikannya lagi di blog lain seperti yang di lakukan blogger nobi ini disini [carabelajarseo.blogspot.com = blog copas!] bisa disebut website/blog yang berisi duplicate content yang dapat terkena pinalty Google.
  2. Anda membeli software SEO untuk scraping content (mendapatkan content) tanpa di-spin atau tanpa menyertakan source artikel
  3. Anda mengikuti program affiliate seperti Amazon lalu melakukan copy paste isi content atau menggunakan plugin-plugin semacam amazon affiliate, WP Robot

Duplicate Content Yang Tidak Membuat Website Anda Terkena Pinalty Google Adalah:

Banyak yang beranggapan duplicate content karena sebab permasalahan dibawah ini dapat menyebabkan website kita terkena pinalty padahal tidak! yang benar adalah performance website akan berkurang akibatnya banyak halaman-halaman yang ada di blog kita mengalami turun peringkat yang berimbas pada traffic.

Bila yang terjadi seperti ini:

Ada dua URL yang terindex Google padahal sesungguhnya itu adalah halaman yang sama, misal:

URL 1: namadoman.com/article-1.html

URL 2: namadoman.com/index.php/article-1.html

Hal ini sama sekali tidak membuahkan pinalty Google karena itu bila anda mengalami hal semacam ini sebaiknya gunakan redirect 301 dengan cara menambahkan code berikut kedalam file .htaccess anda:

redirect 301 /url-yang-salah.html /url-yang-benar.html

atau dapat pula menambahkan atribut rel=canonical url pada <head>input code</head> sayangnya saya tidak dapat memberikan code yang diinginkan mengingat perbedaan CMS yang digunakan.

Masalah duplicate content seperti ini umumnya terjadi pada situs-situs Joomla! atau situs yang dibuat menggunakan coding yang salah. Selain itu masalah canonical juga kerap disebabkan oleh performa web server yang tidak mengaktifkan mod_rewrite dengan baik.

Tags:
Jasa Web

Related Posts

Leave a Reply

*