jasa SEO

Berpromosi Websites (Digital Advertising) VS Offline

Blogging, Marketing, SEO
belajar SEO

Sekitar bulan Agustus 2013 lalu saya berbicara tentang cara berpromosi menggunakan cara offline dan online dengan salah seorang client yang memiliki usaha penjualan produk-produk farmasi kesehatan dan kecantikan baik untuk pria dan wanita.

Pembicaraan itu cukup lengkap menyangkut efektifitas, biaya dan efisiensi melakukan promosi usaha secara offline yakni menggunakan media cetak (iklan majalah, koran, selebaran dan banner yang ditempel didinding) vs berpromosi usaha dengan menggunakan media website secara online.

Saya rasa isi percakapan itu cukup bermanfaat bila saya berbagi dengan anda agar anda dapat mengetahuinya lalu kemudian menganalisa dan memutuskan langkah yang tepat guna melakukan promosi usaha yang sedang anda geluti saat ini.

Berpromosi Dengan Cara Offline Menggunakan Media Cetak

Ada beberapa pertanyaan menyangkut masalah ini seperti:

  1. Berapa pasaran harga untuk pasang iklan cetak di koran dan majalah?
  2. Bagaimana efektifias dari iklan itu?
  3. Seberapa besar efisiensi yang didapat? dan
  4. Kapankah rata-rata waktu ROI (return of invest) bila berpromosi seperti ini?

Informasi yang saya dapat tentang harga untuk menggunakan media cetak sebagai cara memasarkan usaha cukup beragam yang ditentukan oleh:

  1. Besar kotak iklan
  2. Halaman koran/majalah
  3. Durasi

Berapa Biaya Pemasangan Iklan Majalah dan Koran?

Client waktu itu membayar sekitar Rp12jt untuk memasang iklannya pada majalah khusus wanita (untuk durasi penayangan 1 edisi) + 8jt memasang iklan pada koran edisi cetakĀ  untuk durasi pemasangan selama 7 hari berturut-turut. Keduanya menggunakan box iklan berukuran 35opx x 350px.

Dilihat dari sisi biaya tentu saja cukup mahal sekali tapi inilah resiko usaha semahal apapun harus anda bayarkan bila ingin usaha anda dikenal dan dibeli konsumen.

Mengukur Untung Rugi Melakukan Pemasaran Dengan Majalah/Koran VS Website atau Social Media

Mana yang menguntungkan? tentu saja jawaban saya mengatakan bahwa keduanya memiliki potensi yang bisa memberikan keuntungan sepanjang kita bisa dengan sangat cermat menganalisa dan menghitung antara biaya berpromosi dengan keuntungan yang bisa anda raih dari kedua sistem promosi itu.

Point terpenting agar berhasil dalam memasang iklan adalah anda mampu mencari, memilih dan membeli media periklanan baik cetak maupun digital yang memiliki kriteria dibawah ini:

  1. Memiliki rating yang tinggi
  2. Memiliki content yang sesuai dengan produk
  3. Mempunyai target pemasaran yang jelas dan spesifik

Ketiga hal itu sangat penting anda pikirkan dan harus menjadi satu kesatuan karena bila anda hanya mengandalkan 1 dari tiga point diatas saya yakin usaha untuk mempromosikan produk usaha anda akan kurang mencapai target.

Apa Untungnya dan Apa Ruginya?

Saya ingin berilustrasi: saat ini anda memiliki usaha penjualan produk kecantikan khusus untuk wanita berusia 17+. Apa yang akan terjadi bila anda memasang iklan pada koran/majalah maupun website/blog yang memiliki tema tentang politik, ekonomi, SEO, Web Hosting walau media-media promosi itu memiliki rating yang tinggi dan jumlah pembaca yang banyak? Saya rasa anda tidak akan menemukan pencapaian target yang sesuai dengan harapan tapi bagaimana bila anda memasangnya pada majalah atau website khusus wanita?

Anda akan mendapatkan untung bila memasang iklan pada media cetak/blog bila isi keduanya sesuai dengan content dan target pemasaran dan hal ini berlaku untuk kedua jenis cara berpromosi yakni offline dan cetak.

Kerugian baru anda rasakan jika anda tahu bila berpromosi secara online memiliki jangkauan yang lebih luas dibandingkan dengan iklan majalah atau koran cetak terkecuali bila anda memasangnya pada koran/majalah dengan level pemasaran nasional tapi itupun tetap saja masih sebatas nasional belum mencapai internasional. Bandingkan bila anda berpromosi dengan cara iklan digital iklan anda akan dibaca bukan berskala nasional saja tapi juga internasional.

Biaya dan Cara Perhitungan Iklan Digital

  1. Iklan Google Adword
  2. Iklan PPC
  3. Iklan pada layanan website iklan
  4. Iklan pada portal berita
  5. Iklan pada forum atau komunitas-komunitas tertentu

Kelima hal diatas termasuk kedalam kriteria iklan digital yang bisa anda gunakan untuk berpromosi secara online.

Cara Perhitungan Iklan Digital

Ada beberapa cara perhitungan iklan digital tergantung dari penyelenggaranya seperti:

  1. Payperclick (anda membayar sesuai jumlah yang diklik)
  2. Impression (anda membayar sesuai jumlah penayangan)
  3. Iklan bulanan (bisanya berbentuk artikel review atau banner)
Biaya Memasang Iklan Digital

Biaya/harga memasang iklan digital juga sangat beragam dan biasanya tergantung dari:

  1. Tingkat persaingan (berlaku untuk iklan: payperclick dan perimpression)
  2. Ukuran banner + halaman tayang
  3. Durasi pemasangan (untuk iklan pada blog)

Tags:
Jasa Web

Related Posts

Comments are closed.