jasa SEO

Apakah Menggunakan Software SEO = BlackHat SEO?

belajar SEO

Apakah benar ungkapan bila kita mempergunakan software SEO berarti kita melakukan tekhnik SEO Black Hat? bila anda memiliki pertanyaan seperti itu akan coba saya jelaskan melalui artikel singkat ini.

Apa Definisi Dari Black Hat SEO?

Menurut Google Black Hat SEO adalah tekhnik pengoptimasian website dengan cara-cara yang tidak fair atau tidak memberikan content yang berkualitas kepada para penggunanya.

Google menginginkan hanya website yang berkualitas saja yang bisa berada di peringkat teratas dan untuk mencapai tingkat teratas maka website tersebut harus benar-benar berkualitas dan terlinking dengan website yang berkualitas juga.

Sedangkan salah satu cara atau tekhnik pengoptimasian menggunakan metoda Black Hat SEO adalah membuat landing page yang tidak sesuai dengan kualitas dan membuat backlink yang juga tidak berkualitas.

Seperti Apa Landing Page dan Backlink Yang Tidak Berkualias Menurut Google?

Sebagaimana kita ketahui bahwa untuk mencapai tingkat teratas website/blog harus dibangun dengan beberapa unsur dan dua diantaranya adalah:

Onpage Optimization (Berupa Landing Page)

Landing page bisa diartikan sebagai moneysite. Landing page yang berkualitas menurut Google adalah yang memiliki rich content yang bermanfaat untuk user yang menggunakan Google sebagai alat pencarian.

Pada masa sebelum Panda dan Hummingbird banyak landing page di isi dengan:

  1. Keyword stuffing (keyword berulang-ulang/over density)
  2. Hidden text
  3. CSS Cheat
  4. Doorway page
  5. Content copas
  6. Spin content
  7. Dst

Setelah Hummingbird launching banyak landing page berisi keyword stuffing (keyword lebay) tereliminir satu persatu dengan cara perlahan-lahan.

Offpage Optimization

Saya menganggap Moz.com, Majesticseo.com dst sebagai website SEO yang berkualitas karena itu saya akan membuat tautan (link) ke kedua website tersebut dan inilah konsep yang dibangun Google dimana website yang benar-benar bermanfaat pasti akan mendapatkan apresiasi berupa tautan dari website lainnya.

Software SEO IndonesiaSekali lagi pada masa sebelum Penguin dan Hummingbird website dengan kualitas rendah bisa berada diposisi teratas dengan begitu mudahnya dengan hanya mengandalkan banyaknya jumlah backlink.

Ribuan orang mencari dofollow blog, social bookmarking, forum signature, blog comment, website directory bahkan guest book dijadikan backlink. Tapi setelah Hummingbird di jalankan banyak website yang membuat backlink dengan cara yang telah saya sebutkan tadi, satu persatu tereliminir mengalami turun peringkat karena proses devalue backlink.

Pengertian Tentang SEO Software

Pada artikel terdahulu saya pernah menulis tentang ini. Didalam tulisan yang saya beri judul daftar SEO Software.. saya tulis bahwa terdapat 3 buah software SEO yakni Software SEO untuk keyword research, onpage SEO analyzer dan offpage (link building software).

Dari ketiga jenis software SEO tersebut memang ada yang kerap digunakan oleh mereka yang bisa disebut dengan Black Hat SEO Master. Tapi bukan berarti Software SEO itu identik dengan Black Hat SEO.

Black Hat/White Hat SEO Tergantung Siapa SEO Masternya Bukan Karena Software SEO-nya

Saya banyak melihat pihak yang mengatasnamakan White Hat SEO melakukan kegiatan yang biasa dilakukan para Black Hat SEO seperti:

  1. Hidden text
  2. Content Cloning
  3. Recycle content berkali-kali
  4. Spam article
  5. Spam comment
  6. Small image with link
  7. Cloacking keyword
  8. Dst

Saya juga banyak menemukan Spam comment seperti: “thanks gan”, “artikelnya mantab”, “Wuih bagus amat” bahkan comment cuma dua karakter juga ada seperti “tx”, “ok” dst…. tahukah anda bahwa hal itu dilakukan secara manual tanpa software SEO tapi termasuk kedalam kegiatan Black Hat SEO dan tergolong SPAM.

Fungsi SEO Software Sesungguhnya

Fungsi SEO software sebenarnya adalah untuk mempermudah para webmaster melakukan optimisasi website. Dengan bantuan software kita bisa menganalisa landing page, melakukan riset keyword, mencari source, spying dan bahkan membuat backlink.

Software ibarat mesin yang dapat difungsikan sesuai keinginan operatornya (baca= webmaster). Bila ia (webmaster) tergolong “stupid SEO Master” sudah pasti akan berbuat hal yang dinamakan dengan Black Hat SEO tapi bila SEO Master yang paham akan guideline, mengerti trick, memiliki source yang digunakan sebagai pelengkap software SEO pasti akan tetap berhati-hati dalam menjalankan pengoptimasian.

Apakah CaraBelajarSEO.org Menggunakan SEO Software?

Sama seperti praktisi SEO lainnya entah itu di Indonesia atau bukan dan tentu saja kami juga menggunakannya. Dalam praktek sehari-hari Software tersebut cuma untuk membantu beberapa proses dan kami tidak tergantung pada software terutama untuk membuat backlink di tier-tier tertentu.

Sepanjang kita mengetahui Guideline (peraturan), memahami kualitas dan tahu bagaimana cara mempergunakannya secara sistematis terencana dengan baik penggunaan software untuk mengoptimalkan website akan baik-baik saja.

Tags:
Jasa Web

Related Posts

Comments are closed.