jasa SEO

Pengertian, Fungsi dan Beda Antara Proxy dan VPN

Security 4
belajar SEO

Proxy dan VPN identik dengan SEO Master karena keduanya berfungsi sebagai pelengkap “peralatan tempur” nya. Setiap software SEO entah itu untuk riset atau link building pasti sangat membutuhkan yang namanya proxy dan VPN. Secara umum mungkin belum ada yang tahu secara pasti apa fungsi proxy maupun VPN, apa bedanya? dan mana yang lebih bagus untuk meunjang proses operasional pengoptimasian website? artikel ini akan menjawab sesingkat mungkin so keep reading!

Fungsi dan Tujuan Proxy dan VPN

Tujuan menggunakan kedua VPN dan server proxy adalah untuk menyembunyikan identitas pengguna, atau untuk menipu geo-lokasi tertentu (jadi misalnya layanan geo-terkunci seperti banyak situs TV streaming yang dapat ditonton di luar negara asal mereka). Banyak Penyedia VPN, selain menawarkan VPN juga menyediakan beberapa jenis layanan proxy, dan ada juga banyak server proxy publik yang dapat digunakan secara gratis.

Jadi pertanyaan bagi banyak orang adalah ‘apa perbedaan antara proxy dan VPN?’, Dan mungkin bahkan lebih penting lagi, ‘apakah saya perlu menggunakan VPN atau akan lebih murah / gratis proxy yang sesuai dengan kebutuhan saya?’.

Meskipun melakukan fungsi yang sama, proses yang sebenarnya terlibat sangat berbeda, dan karena itu memiliki konsekuensi yang sangat berbeda.

Gampangnya kita mengatakan fungsi keduanya adalah sebagai masking real IP address yang kita gunakan. Dalam operasional fungsi proxy dan VPN akan mengcover IP asli yang kita gunakan dengan demikian server tidak dapat mengenali secara pasti siapa kita, darimana asal kita dan bahkan memperbolehkan kita mengakses halaman-halaman website yang sudah memblock pengunjung yang datang dari IP range tertentu.

IP Real -> VPN/Proxy -> website tujuan

Menurut saya perbedaan fungsi antara proxy dan VPN sangat tipis sekali tapi bila kita melihat lebih luas lagi VPN lebih menguntungkan dibandingkan proxy.

Lebih Dalam Tentang Proxy

Sebuah server proxy (secara teknis proxy terbuka) adalah sebuah komputer yang bertindak sebagai perantara antara komputer Anda dan internet. Setiap lalu lintas diarahkan melalui server proxy akan muncul datang dari alamat IP-nya, bukan komputer Anda. Tidak seperti server VPN, proxy server tidak harus mencurahkan sumber daya untuk mengenkripsi semua lalu lintas yang melewati mereka, dan karena itu dapat menerima koneksi simultan. Proxy server biasanya berkomunikasi dengan internet menggunakan salah satu dari 2 protokol yang berbeda; HTTP atau SOCKS.

HTTP Proxy Servers

Protokol HTTP dirancang untuk menafsirkan lalu lintas di tingkat HTTP, yang berarti bahwa ia hanya dapat menangani lalu lintas yang dimulai dengan http:// atau shttp :/ /, yaitu halaman web *. Oleh karena itu ia hanya baik untuk surfing web, tetapi karena semua yang dilakukannya adalah menangani permintaan HTTP, ia lebih cepat daripada Socks proxy atau server VPN.

SOCKS Proxy Servers

SOCKS server tidak menafsirkan lalu lintas jaringan sama sekali, yang membuat mereka jauh lebih fleksibel, tetapi karena mereka biasanya menangani lebih banyak lalu lintas, biasanya lebih lambat. Keuntungan yang besar dari protokol SOCKS adalah bahwa ia mendukung semua jenis lalu lintas internet, seperti POP3 dan SMTP untuk email, IRC chat, FTP untuk meng-upload file ke situs web, dan file torrent. Iterasi terbaru dari protokol adalah SOCKS5.

Public Proxy Servers

Karena proxy server dapat menerima begitu banyak koneksi, banyak server publik bermunculan yang memungkinkan orang untuk menggunakannya. Kedua HTTP dan Socks server yang tersedia (dengan HTTP menjadi lebih umum), daftar yang dapat ditemukan, bersama dengan alamat IP yang diperlukan dan nomor Port dari situs seperti freeproxylist.org dan Hide My Ass.

Sayangnya, server proxy publik cenderung sangat tidak stabil, akan on dan off-line tanpa pemberitahuan dan sangat bervariasi dalam kecepatan yang mereka tawarkan. Selain itu, Anda harus percaya pemilik server anonim tersebut akan informasi yang mungkin cukup sensitif.

Private Proxy Server

Proxy server ini tentu saja tidak terbuka untuk umum dan biasanya tersedia untuk berlangganan saja. VPN.S misalnya menawarkan HTTP dan layanan SOCKS5, sementara BTGuard dan TorGuard menawarkan layanan SOCKS5 ‘torrent’.

Layanan ini cenderung jauh lebih dapat diandalkan, dijalankan oleh perusahaan-perusahaan dengan reputasi yang baik, dan memberikan dukungan yang komprehensif. Mereka juga sering memberikan software yang dapat disesuaikan – misalnya BTGuard dan TorGuard menawarkan pra-konfigurasi klien BitTorrent.

Web Proxy

Layanan web proxy, seperti yang diberikan Hide My Ass dan CyberGhost atau free-onlineproxy.com adalah proxy yang terhubung ke server HTTP publik dan memungkinkan Anda untuk menjelajahi web secara anonim dari dalam jendela browser Anda melalui website penyedia web proxy tersebut tanpa perlu men-download dan menginstal perangkat lunak tambahan atau mengkonfigurasi pengaturan bowser Anda.

Lebih Dalam Tentang VPN

Virtual Private Networks menciptakan enkripsi ‘terowongan’ antara komputer Anda dan server host, dengan lalu lintas internet masuk dan keluar dari server host. ISP atau pemerintah hanya dapat melihat bahwa Anda telah terhubung ke server VPN dan tidak ada yang lain – aktivitas Anda, alamat IP yang telah Anda kunjungi dll semua benar-benar tersembunyi dari mereka di belakang minimal enkripsi 128-bit .

Namun, server VPN dapat melihat apa yang Anda kerjakan secara on-line, itulah sebabnya kami merasa penting bahwa penyedia VPN tidak baik untuk menyimpan log yang saya rasa kurang baik secara privacy.

Kesimpulan

Menurut saya VPN lebih unggul di hampir setiap fungsi karena ia sangat baik untuk membuat kita lebih anonimitas serta melindungi seluruh kelakuan Anda di internet.

Selain itu, ISP tidak dapat memonitor aktivitas online Anda, itu adalah cara yang efektif untuk melewati ISP throttling karenanya dengan VPN ini kita dapat mengakses situs-situs yang sudah di block pemerintah dan berikut beberapa kelebihan VPN dibanding Proxy:

  1. Lebih murah
  2. Walau kita boleh terhubung kesalahsatu server saja tapi VPN biasanya memiliki ratusan server yang tersebar di beberapa negara dan berisi ribuan IP
  3. Mudah mengganti IP
  4. 100% mampu memasking aktivitas kita

Dalam hal SEO Kekurangan VPN dibandingkan dengan proxy cukup terasa karena berlaku regulasi cukup tinggi yang diberlakukan para peyedia VPN akibatnya kita tidak dapat melakukan scraping, creating account  dan submission secara maksimal karena alasan spam policy yang mereka berlakukan.

Tags:
Jasa Web

Related Posts

4 Responses

  1. author

    HendraNovember 3, 2015 at 9:32 amReply

    terima kasih sudah berbagi pengetahuan…
    mohon ijin untuk share ke media sosial.

  2. author

    FaridFebruary 9, 2016 at 5:07 amReply

    Akhirnya sedikit paham tentang vpn dan proxy. Tapi kalo boleh tahu om ini pake vpn atau proxy ya? Mohon di jawab ya

  3. author

    ramdhanJuly 31, 2016 at 3:08 pmReply

    wah jadi paham sekarang gunanya vpn sama proxy ,dan saya mau bertanya mas bolehkan ,menurut mas yang mempunyai blog ini proxy premium yang di sediakan seperti sofware itu bisa berdampak baik atau buruk bagi website mas mohon dijawab ya hehe

  4. author

    Annisa BiancaOctober 17, 2017 at 3:50 pmReply

    Sudah banyak proxy dan vpn yang bisa didownload gratis… tapi sebaiknya gunakan vpn sebab data user lebih aman… tapi sebaiknya juga gunakan vpn yang premium daripada vpn gratis.

Leave a Reply

*