Cara Periksa & Perbaiki Error 404 Page Not Found

SEO 0
Web Hosting Murah Gratis SSL

Beberapa waktu lalu saya mendapat telpon dari orang yang ingin berkonsultasi. Konsultasi singkat itu membahas tentang migrasi dari Joomla! ke WordPress. Adapun yang di tanyakan adalah hal-hal yang berkaitan dengan permalink dan cara memperbaikinya bila muncul error 404 page not found. Artikel ini akan memuat isi konsultasi itu (beberapa kata sudah di modifikasi).

404 Error

Cara Periksa & Perbaiki Error 404 Page Not Found

Migrasi CMS dari Joomla! ke WordPress

Apakah bisa melakukan migrasi dari CMS Joomla! ke WordPress? jawabannya tentu saja bisa cuma ada beberapa permasalahan yang harus dipikirkan dan masalah itu tentu saja dapat mempengaruhi traffik dan pesan error page not found 404 yang mana error 404 ini sangat mempengaruhi performa website baik itu dimata search engine maupun user.

Bagaimana Cara Memperbaiki Error 404 Tersebut?

Setidaknya ada dua cara, yakni cara yang biasa digunakan para expert yang memiliki peralatan yang baik dan cara umum yang tidak memiliki peralatan yang dapat di gunakan.

Saya asumsikan saat ini anda belum melakukan migrasi dan harap lakukan beberapa langkah dibawah ini.

Cara Expert Menggunakan Bantuan Software

Pertama anda membutuhkan sebuah software internal link checker semacam Screaming Frog atau Free Internal Link Checker Software ini yang dapat anda download disini. Kedua software itu memilliki kesamaan fungsi yakni berperan untuk mencrawl semua internal link yang ada di website Joomla! anda sebelum di migrasi. Dari hasil crawling itu anda dapat mengetahui halaman atau URL apa saja yang pasti bakal hilang akibat perubahan permalink.

Anda juga bisa menggunakan sitemap scraper yang ada pada Scrapebox. Addon Scrapebox  ini sangat bisa di gunakan untuk melakukan crawling internal link didalam website Joomla!.

Dari data-data yang kita dapat dari sitemap scraper maupun internal link checker bisa kita gunakan untuk melakukan redirect 301 entah itu melalui .htaccess file maupun plugin wordpress yang dapat anda install dan gunakan.

Article Glossary Yang Bisa Anda Baca:

  1. Apa Arti HTTP Code Response 200, 301, 404 Dst?
  2. Benarkah Duplicate Content Bisa Menyebabkan Terkena Pinalty?
  3. Daftar Status Error Web Server (403, 404, 500, 503, 504) Apa Cara Memperbaiki & Solusi?

Cara Umum Tanpa Bantuan Software

Cara ini bisa dilakukan bila anda sudah terlanjur memindahkan Joomla! ke WordPress dan menemukan problem error 404. Cara ini terbilang cukup merepotkan bila ternyata website Joomla! anda memiliki banyak halaman. Caranya adalah dengan mengetikan:

site:websitejoomlaanda.com

Lalu akan muncul hasil penelusuran, anda bisa mengklik setiap URL yang ada lalu membuatkan redirect 301 di .htaccess file bila ternyata URL tersebut error 404. Cara menambahkan code redirect 301 di .htaccess adalah:

redirect 301 /url-lama/ /url-baru/

Gunakan kode diatas bila domain yang anda pakai masih sama tapi gunakan code dibawah ini bila url dipindah menggunakan domain baru:

redirect 301 /url-lama/ http://domainbaru.com/url-baru/

Tags:
SEO Software

Related Posts

Leave a Reply

*