Fungsi dan Mana Yang Terbaik Diantara Moz, Ahrefs dan Majestic SEO [Opini]

Web Hosting Murah Gratis SSL

Untuk apa ketiga layanan backlink checker (Backlink Explorer) itu? serta yang manakah yang lebih bagus dari ketiganya? bila anda bukan seorang SEO master lebih baik tidak usah membaca artikel ini tapi kalau sebaliknya saya rasa cukup perlu untuk membacanya.

Backlink Hunter

Selain ketiganya sebenarnya masih ada beberapa lagi penyedia backlink chekcer ini semisal Cognitiveseo, SEOSpy Glass, SEMrush, Sistrix dan iBacklinkPro. Kesemua nama tersebut semuanya ada yang memberikan versi gratisan, trial dan premium harganya pun cukup mahal bagi orang Indonesia yakni dalam kisaran >Rp400.000 perbulan. Tapi bila kita concern terhadap SEO saya rasa harga tidak menjadi masalah karena fungsi dari pelayanan-pelayanan tersebut cukup bermanfaat semisal:

Fungsi Utama Moz, MajesticSEO dan Ahrefs

Memeriksa Backlink

Dengan memeriksa serta mendapatkan informasi backlink yang kita atau kompetitor kita miliki maka sudah sepantasnya kita tahu progress serta performa website yang sedang kita optimasikan sekaligus tahu kekuatan lawan.

Setelah kita tahu backlink yang ada langkah selanjutnya adalah dengan menilai seberapa besari power backlink yang kita atau kompetitor dapatkan hingga akhirnya kita lakukan tindakan-tindakan yang dianggap perlu.

Menilai Backlink

Dengan fitur-fitur yang ada kita bisa menilai baik atau buruk backlink yang kita dapat. Tahu dan dapat menilai nilai backlink dapat membuat kita menjadi was-was atau malah senang. Was-was bila kita tahu nilai backlink kita buruk sedangkan nilai backlink kompetitor baik dan pasti merasa senang bila sebaliknya walau posisi kompetitor kita saat ini berada di atas website yang kita kelola.

Mendapatkan Backlink

Dengan data-data yang kita miliki yang berasal dari layanan backlink checker itu tentu kita mendapatkan informasi berupa site list yang dapat kita jadikan untuk membuat backlink pula.

Mana Yang Terbaik?

Saya pernah berlangganan backlink checker di: MajesticSEO, Moz, Ahrefs serta CognitiveSEO. Dari keempat layanan tersebut semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Dari sisi harga Ahrefs dan MajesticSEO terbilang cukup terjangkau sedangkan Moz dan CognitiveSEO bisa saya bilang sangat mahal.

Dari sisi data saya lebih memilih MajesticSEO dan Moz karena ia memiliki hitungan metrix tersendiri seperti ACRank, TrustFlow dan Citation Flow (fungsinya mirip dengan Google PR atau Mozrank) disamping itu kita bisa melihat progres perolehan backlink time to time.

Dari sisi kemudahan dalam penggunaan saya lebih condong memilih Ahrefs. Di Ahrefs ada sebuah fitur yang tidak di miliki MajesticSEO yakni data Class C IP. Selain Ahrefs di CognitiveSEO pun di sediakan fitur yang dapat menilai backlink.

Backlink Checker Gratis

Andai kita menggunakan backlink checker gratis pasti saja data yang kita miliki tidak selengkap data yang kita dapat dari layanan premium diatas. Tapi walau begitu kita masih bisa memeriksa backlink secara gratis dari:

  1. Backlinkwatch.com
  2. RankSignals
  3. SEOkicks
  4. SEOHeap
  5. BacklinkTest.com
  6. Exalead
  7. Solomono
  8. Ranks.fr
  9. Link analyzer
Tags:
SEO Software

Related Posts

One Response

  1. author

    AjangleeJuly 17, 2016 at 5:32 pmReply

    Saya coba pakai majestic seo…. Pertama nyoba gratis.. Dan kesitu nya iya berbayar…. Tapi emg cukup puas sih… Kita jadi tau backlink kompetitor kita..

Leave a Reply

*