Komponen Dan Peralatan Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Usaha RT/RW Net

topologi jaringan

Apa saja komponen dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat dan membangun usaha RT/RW Net menggunakan mikrotik? nah! dalam review kita hari ini akan membahas tentang itu. Akhir dari review ini anda akan sudah bisa menemukan jawabannya. Tetapi untuk sampai kesana ada beberapa point mendasar dulu yang harus kita gali. Sabar! segera kita mulai…

Membangun Usaha RT/RW Net Dengan Mikrotik

Siapa sih yang tidak pakai internet saat ini? siapa yang tidak butuh internet?. Internet sudah menjadi sebuah kebutuhan primer dan mendesak mulai dari anak-anak hingga emak-emak bahkan nenek dan kakek.

Harga paket internet yang mahal membuat konsumen beralih ke penyedia internet alternative yaitu RT/RW Net. Disamping karena lebih biaya langganannya lebih murah selain itu juga kecepatan RT/RW Net tidak kalah dibandingkan dengan ISP lainnya. Kekurangan dari RT/RW Net adalah bahwa ia hanya bisa di akses oleh user yang berada didalam area jangkauan yang sangat terbatas.

Peralatan Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Usaha RT/RW Net

Tetapi bagi anak-anak dan emak-emak hal itu tidak menjadi masalah karena memang mereka pasti tidak akan jauh-jauh berada dari rumah.

Dan hal inilah yang membuka peluang usaha rumahan jasa internet RT/RW Net. Selain mendapatkan keuntungan dari biaya langganan user, pengusaha RT/RW Net pun tentunya tidak perlu membayar langganan internet yang ia pakai. Itu karena sudah dibayar oleh para user secara urunan.

Teapi bagaimanakah memulai usaha RT/RW Net ini? apa saja peralatan dan komponen yang harus dibeli dan disediakan. Berapa harga peralatan untuk membangun RT/RW Net? bagaimana cara pasang dan cara settingnya? apa itu mikrotik? dan lain sebagainya.

Baca Juga:   Jasa Setting LAN Hotspot Mikrotik

Apa Mikrotik?

Mikrotik adalah perangkat keras (hardware) dan juga perangkat lunak (software).

Fungsi mikrotik adalah untuk mengatur penggunaan data internet secara sempurna. Dengan menggunakan mikrotik maka banyak sekali fitur yang bisa anda aktifkan dan manfaatkan. Yang berkaitan dengan RT/RW Net tentu saja fitur “userman”.

Komponen Untuk Membangun Jaringan Usaha RT/RW Net di Rumah

Berikut adalah komponen yang harus anda beli dan siapkan baru setelah itu anda cari atau gunakan jasa setting mikrotik. Komponen yang harus anda beli adalah:

  1. Perangkat mikrotik
  2. Hotspot
  3. Antena
  4. Tiang antena (optional)

Mengenai mikrotik sudah saya jelaskan diatas.

Mengenai hotspot, hotspot adalah perangkat untuk menyebarluaskan signal internet yang dipancarkan dari mikrotik. Secara umum anda bisa membeli mikrotik yang sudah built in dengan Wireless.

Artinya didalam mikrotik tersebut sudah tersedia antena Wireless yang bisa berfungsi sebagai hotspot (access point).

Tetapi jangkauannya terbatas maksimal hanya untuk indoor saja dan itupun harus dalam ruangan yang lost tanpa banyak sekat-sekat, dinding tebal, beda lantai dst.

Karena alasan itu tadi maka jika anda mau menjual paket internet RT/RW Net keluar area rumah (pastinya lah!!!) maka anda butuh perangkat outdoor.

Alat itulah yang bernama hotspot  dan titik akses/access point.

Agar menjangkau area yang lebih luas lagi maka dibutuhkan antena dan tiang antena.

Banyak sekali tipe antena yang ada dipasaran. Hati-hati dalam membelinya karena tipe yang sudah anda beli belum tentu sesuai dengan kondisi lingkungan area usaha RT/RW Net anda.

Begitu juga dengan tipe mikrotik untuk usaha RT/RW Net tidak boleh asal beli. Ada beberapa hal yang harus anda ketahui seperti:

  1. Kecepatan internet yang digunakan
  2. Estimasi jumlah user
  3. Radius penyebaran signal RT/RW Net
  4. Kondisi sekitar tempat usaha RT/RW Net
Baca Juga:   Jasa Aspal Jalan, Gedung, Lahan Parkir

Yang Harus Diperhatikan

Kecepatan internet sangat mempengaruhi usaha anda. Oleh sebab itu berapa kecepatan internet harus disesuaikan dengan:

  1. Estimasi jumlah user
  2. Kuota paket RT/RW Net yang akan dijual
  3. Tipe mikrotik

Contoh anda punya 20Mbps internet beli dari Indihome atau Firstmedia misalnya. Lalu kemudian bandwidth tersebut anda jual ecer lagi melalui usaha RT/RW Net. Maka maksimal user yang wajar untuk kecepatan 20Mbps itu dalam angka sekitar 40 – 70 user. Lebih dari itu kecepatan akan melambat.

Dengan alat mikrotik semakin banyak user maka anda harus sinkronkan dengan tipe mikrotik spek tinggi. Untuk user lebih dari 50 orang sebaiknya paki tipe mikrotik RB450 keatas.

Semakin banyak user yang login dengan username dan password yang beda. Banyak rule firewall yang anda terapkan maka pasti kerja mikrotik akan lebih berat. Sangat logis jika menggunakan tipe mikrotik yang lebih besar agar perangkat mikrotik tidak error.

Error yang sering terjadi pasa usaha RT/RW Net adalah:

  1. Lambat
  2. Firewall tidak bekerja dengan baik
  3. Susah login
  4. Tidak bisa login
  5. Mikrotik rusak karena terlalu berat bekerja

Alangkah bagusnya jika anda menggunakan layanan jasa RT/RW Net daripada membangun RT/RW Net sendiri. Atau gunakan Jasa Pemasangan Hotspot Access Point Mikrotik, Solusi Jasa Setting Mikrotik yang kami tawarkan Klik >> jasamikrotik.com.

Posted in

9
Leave a Reply

avatar
samsul
samsul
Kasih Rating Artikel ini :
     

ane ada budget 4jt buat 200 user radius 300 meter bisa gk gan? dapat apa aja anggaran segitu?

maryadi
maryadi
Kasih Rating Artikel ini :
     

gimana cara pesan jasanya? saya ada rencana mau buat rtrw net di ciomas bogor tolong dibantu minta nomor whatsapp nya ya

aipul
aipul
Kasih Rating Artikel ini :
     

ada pricelist jasa dan pembelian alat rt rw netnya gk??

Herdi
Herdi
Kasih Rating Artikel ini :
     

ane minat nih gan tapi budhet 2jt dapet gk?